Senin, 20 Juni 2011

Beberapa Cara Untuk Meningkatkan IQ


Anda tentu ingin mempunyai kecakapan intelektual yang tinggi bukan? Cara meningkatkan IQ bisa dengan latihan-latihan sederhana dan mengubah kebiasaan-kebiasaan tertentu. Berikut ini beberapa hal yang bisa meningkatkan IQ anda.
1. Latihan pernapasan dalam
Pernapasan dalam dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, serta bisa merilekskan kerja otak kita sehingga meningkatkan fungsi efektif otak. Caranya adalah dengan memejamkan mata dan menarik nafas lewat hidung, sehingga paru-paru penuh sampai kapasitasnya, lalu hembuskan udara perlahan-lahan.
2. Menjaga postur tubuh
Dalam melakukan aktivitas apapun itu, terutama dalam mengerjakan hal-hal yang sulit, jangan duduk atau berdiri dengan postur membungkuk dan mulut terbuka. Ini bisa mengurangi kemampuan anda dalam memecahkan masalah. Mulai sekarang, berlatihlah duduk tegak karena selain meningkatkan kerja otak kita, juga membuat punggung kita tidak mudah lelah.
3. Memperhatikan kesehatan makanan
Mulai sekarang, jangan makan makanan yang banyak mengandung gula. Semua karbohidrat sederhana mengandung gula sederhana pula, dan jika dimakan dalam jumlah yang banyak, akan membuat anda bergerak lambat dan berpikir pun juga lambat.
4. Mendengarkan musik
Cobalah dengarkan musik-musik yang berirama lembut dan bukan musik yang penuh dengan hentakan. Karena musik lembut membantu
untuk lebih santai dan mengurangi tingkat stres, sehingga Anda pun akan bekerja dengan lebih efektif.
5. Melatih otak
Cobalah latih otak Anda dengan mengerjakan permainan-permainan sederhana yang bisa melatih kinerja otak anda, misalnya TTS, Sudoku, Puzzle. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan bermain permainan ini dapat meningkatkan skor IQ hingga 8%.
6. Tidur cukup
Idealnya kita tidur dalam waktu 8 jam per hari. Kualitas dan kuantitas tidur yang bagus bisa membuat otak kita beristirahat juga, dan ketika bangun kita siap menyelesaikan masalah dengan lebih efektif.
7. Selalu berpikir positif
Otak akan merespons pikiran bawah sadar kita. Jika kita berpikiran negatif, maka hasilnya akan negatif. Jadi, mulai sekarang berpikirlah yang positif, maka hasil yang positif pun akan benar-benar terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar